Membahas Khasiat dan Manfaat Serta Harga Batu Akik Antik dan Unik Asli dari yang Termahal Bertuah Hingga Langka serta Murah

Sabtu, 21 Februari 2015

Cara membedakan batu akik bacan yang asli


Batu bacan yang sudah diolah menjadi batu akik yang cantik

Saat ini batu akik bacan sedang jadi primadona bagi para kolektor batu akik, sehingga permintaannya di pasaran melonjak drastis dengan harga yang juga naik tajam. Namun seiring boomingnya batu akik bacan di pasaran, muncul juga tiruan dari batu alam itu yang banyak didatangkan dari negeri China.batu akik Bacan tiruan tentu saja bukan berasal dari proses alami, walau dalam sekilas lihat penampakannya tak jauh berbeda.

Batu bacan dalam wujud masih mentah
Untuk orang awam, mungkin membedakan batu akik bacan asli dan palsu agak sulit. Sehingga mereka kerap tertipu dan mengeluarkan banyak uang untuk batu bacan yang ternyata adalah buatan atau sintetis.

Dilansir oleh laman akiks.com, berikut ini beberapa tips atau cara untuk membedakan batu bacan yang alami diperoleh dari alam, dengan batu bacan palsu atau tiruan.

Batu bacan yang asli umumnya mempunyai tingkat kepadatan dan kekerasan yang tinggi, dibanding dengan batu bacan palsu. Anda bisa menggores batu tersebut di permukaan kaca, dan permukaan kaca itu akan tergores. Bacan itu memiliki tingkat kekerasan di atas 7 skala mohs.

Kaca pembesar bisa juga membantu Anda melihat bagian dalam batu. Gunakan juga senter dan kaca pembesar untuk melihat adanya serat di dalam batu, yang menandakan itu batu asli alam. Jika bacan sintetis, maka bagian dalamnya bersih tanpa serat atau noda.

Cara terakhir adalah dengan memanaskan bacan di atas api. Jika asli, maka batu tak akan meninggalkan noda atau kusam. Batu akan terlihat sedikit mengeluarkan minyak, namun jika dibersihkan akan kembali mulus.
semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengunjung blog ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membedakan batu akik bacan yang asli

0 komentar:

Posting Komentar